Hello December….

Bulan November 2020 lalu, market dibuka dengan kenaikan lumayan dari awal hingga akhir bulan, dan ditutup dengan kenaikan yang besar, yaitu di level 5612 (+9.44% dibanding posisi di akhir bulan Oktober lalu). Sentimen positive perkembangan riset anti-virus CoVid19, dan hasil positive pemilu di US menjadi sentimen positive terhadap pergerakan IHSG sepanjang bulan November lalu.

Bulan November lalu kinerja Cuantastic ikut naik seiring kenaikan IHSG, kinerja Cuantastic kembali out-performed terhadap kinerja IHSG. Cuantastic mulai keluar dari zona nyaman dengan menerapkan strategi trading offensive di bulan November ini, dengan menyempatkan untuk screening mandiri  dan hanya entry dengan system trading TMTN (sehingga komposisi portfolio Cuantastic berbeda dengan member TC/Trading Class), menaikkan RPT menjadi 0.4% x equity/modal, dan menggunakan TS THANOS (TS yang lebih ketat dari KN/Kaki Naga)Kombinasi ketiga strategi tersebutakhirnya mampu mendongkrak kinerja bulanan Cuantastic finish di atas kinerja IHSG.

Kinerja Cuantastic di akhir bulan November lalu ditutup sebesar +10.03% dibanding kinerja Market (IHSG) yang +9.44%maupun kinerja TN (Tapak Naga) yang +29.90%. Memang harus diakui, ketika market dalam fase recovery (dari kondisi bearish ke bullish) seperti bulan November lalu, maka performance TN akan leading dibanding TMTN/IHSG).

Berikut portfolio dan kinerja ekuitas Cuantastic per 30-Nov–2020 :

My Equity Performance Table, IHSG, Tapak Naga, Bulan November 2020

“Bagaimana posisi kinerja Cuantastic ini jika dibandingkan dengan level MI (Manajer Investasi)?” Berikut data yang Cuantastic dapatkan dari website Indopremier sekuritas untuk Top 17 Reksadana saham dengan kinerja terbaik dan Top 3 Manajer Investasi (MI) Terbaik selama bulan November 2020:

Performa Top 17 Manajer Investasi (MI) Reksadana Saham (RDS) bulan November 2020

Performa Top 3 Manajer Investasi Terbaik di bulan November 2020

Ternyata posisi kinerja ekuitas Cuantastic YTD per 30-Nov-2020 (+30.84 %) sudah dapat mengungguli kinerja 18 besar Fund Manager Reksadana Saham terbaik. Kinerja Cuantastic berada di atas Fund Manager yang menduduki peringkat pertama yaitu Cipta Saham Unggulan Syariah (+7.73%).

Berikut adalah Chart/Grafik IHSG sepanjang bulan November 2020 :

Chart/Grafik IHSG sepanjang bulan Nov 2020

Secara umum, IHSG masih berada dalam posisi uptrend sepanjang bulan November 2020 ini, dan sukses naik di atas resistance MA100&200 Daily.

Dan berikut Kinerja bulanan Cuantastic as per tgl 30-November-2020 : +10.03% Vs Market (IHSG) yang +9.44%.

Grafik Kinerja Trading Cuantastic Vs IHSG sepanjang bulan November 2020

Dan berikut Kinerja YTD Cuantastic as per tgl 30-Nov-2020 : +30.84Vs Market (IHG) yang -10.91% :

Kinerja My Equity YTD vs IHSG s/d bulan November 2020

“Bagaimana posisi kinerja Cuantastic ini jika dibandingkan dengan level website/mentor berbayar?” Perbandingan kinerja Cuantastic dengan website/mentor berbayar misal TAPAK NAGA. Berikut kinerja TAPAK NAGA bulan NOV 2020 (+29.90%) Vs Kinerja CUANTASTIC (+10.03%). Kinerja TN bulan November lalu jauh mengungguli kinerja TMTN maupun IHSG (3x lipat), yang artinya market dalam jangka menengah dalam kondisi reversal dari bearish/konsolidasi ke bullish. Berikut link untuk mengetahui kinerja TAPAK NAGA secara bulanan maupun YTD 2020, klik disini.

Kinerja Sistem TAPAK NAGA secara monthly dan YTD bln November 2020

Apa saja saham yang berkontribusi positif maupun negatif bagi portfolio Cuantastic?

Portfolio in Hand dan DONE TRADE Cuantastic per tanggal 30-NOV-2020

SUMMARY/KESIMPULAN :

  • Total transaksi buy di bulan November = 23x TMTN trading. Dari 23x trading 8x sudah done sell dan 15x masih hold),
  • Total done trade transaksi ada 17x, 8 trx diantaranya berakhir dengan profit, dan 9x trx yang realisasi lose,
  • Total winning ratio dari 17 trx di bulan November, 47% win dan sisanya 53% lose,
  • Dana terpakai s/d 30-NOV-2020 = 93% x Equity, Sisa Cash = 7% x Equity. Cash sudah hampir habis,
  • System trading Trend Follower (TMTN) sangat baik untuk memprediksi market yang recovery, namun system TN (Tapak Naga) lebih sensitive terhadap market uptrend, terbukti kinerjanya 3x lebih baik dibandingkan dengan kinerja TMTN.

Untuk mengetahu tentang TMTN/Turtle trading system, silakan klik artikel di link blog saya.

Special thanks untuk mentor Cuantastic, Bapak Hadi Jie, yang sudah memberi kail beserta umpannya.

Okey, sampai ketemu akhir bulan nanti, untuk update kinerja trading bulan Januari, sepertinya Cuantastic akan lumayan sering update blog lagi karena system TMTN (Trendfollower style) sudah mulai AKTIF lagi.

Salam CUANtastic!

%d bloggers like this: