Hello Traders, Tahun Baru Tampilan Cuatastic Baru!!

Bulan Februari 2021 ini sebagian pelaku pasar masih optimistis, menyambut datangnya tahun baru dengan semangat baru. Meskipun banyak trader-trader (newbie) yang mulai merasakan pahitnya drawdown/penurunan kinerja trading akibat koreksi market, namun masih disinyalir “bujukan/rayuan manis” mentor-mentor saham abal-abal yang pamer cuan puluhan Milyard di media sosial (instagram dan twitter), meskipun sudah tidak sebanyak di bulan Januari lalu. Beberapa emiten masih ada yang mengalami ARB (Auto Reject Bawah), namun sudah tidak sebanyak di pertengahan Januari lalu.

Bulan Februari 2021 lalu, market dibuka dengan kenaikan dari awal hingga akhir bulan. Market masih bergerak dalam range cukup lebar. Market ditutup dengan kenaikan, yaitu di level 6242, atau naik sebesar +6.48% (kinerja monthly bulan Februari 2021).

Setelah me-review kinerja bulan Januari lalu, akhirnya Cuantastic tetap mempertahankan strategi trading yaitu offensive/attacking di bulan Februari ini, dengan menyempatkan untuk screening mandiri (sehingga komposisi portfolio Cuantastic berbeda dengan member TC/Trading Class), mempertahankan RPT menjadi 0.5% x equity/modal, menggunakan TS THANOS (TS yang cukup ketat mirip dengan TS DC (DRAGON CLAW)/CAKAR NAGA yang dipakai oleh system TN/Tapak Naga), entry per emiten hanya 1x (no average up)

Kinerja Cuantastic di akhir bulan Februari lalu ditutup sebesar +13.57% dibanding kinerja Market (IHSG) yang +6.48%maupun kinerja TN (Tapak Naga) yang +2.5%. Puji Tuhan, berkat TS ThanosCuantastic mampu mendongkrak kinerja bulanan, dan sukses finish jauh di atas kinerja IHSG, bahkan TN (Tapak Naga).

Berikut portfolio dan kinerja ekuitas Cuantastic per 26-Februari-2021 :

My Equity Performance Table, IHSG, Tapak Naga, Bulan Februari 2021

“Bagaimana posisi kinerja Cuantastic ini jika dibandingkan dengan level MI (Manajer Investasi)?” Berikut data yang Cuantastic dapatkan dari website Indopremier sekuritas untuk Top 17 Reksadana saham dengan kinerja terbaik dan Top 3 Manajer Investasi (MI) Terbaik selama bulan Februari 2021:

Performa Top 17 Manajer Investasi (MI) Reksadana Saham (RDS) bulan Februari 2021

Performa Top 3 Manajer Investasi Terbaik di bulan Februari 2021

Ternyata posisi kinerja ekuitas Cuantastic YTD per 26-Februari-2021 (+39.73%) sudah dapat mengungguli kinerja 17 besar Fund Manager Reksadana Saham terbaik. Kinerja Cuantastic berada di atas Fund Manager yang menduduki peringkat pertama yaitu Manulife Saham Andalan (+8.51%).

Berikut adalah Chart/Grafik IHSG di bulan Februari 2021 :

Chart/Grafik IHSG bulan Februari 2021

Secara umum, IHSG masih berada dalam posisi uptrend sepanjang bulan Februari 2021 ini karena masih close di atas resistance MA100&200 Daily. IHSG sepanjang bulan Februari berada dalam posisi konsolidasi/sideways di area 6200-6250. 

Dan berikut, Cuantastic share 1 emiten yang jackpot, yang telah memberikan realized profit lumayan untuk Cuantastic di bulan Februari 2021 yaitu sebesar +5% x modal, meskipun Cuantastic sempat gagal exit karena terkena 1x ARB (Auto Reject Bawah).

$HRUM, salah satu emiten jackpot yang penulis pegang hampir selama 3 bulan.

 

Dan berikut Kinerja bulanan dan YTD Cuantastic as per tgl 26-Februari-2021 : +39.73% Vs Market (IHSG) yang +4.40%.

Grafik Kinerja Trading Cuantastic Vs IHSG sepanjang bulan Februari 2021

Grafik Kinerja Trading YTD Cuantastic Vs IHSG s/d 26-Februari 2021

Puji Tuhan, kinerja ekuitas Cuantastic monthly dan YTD per 26-Februari-2021 berhasil finish di posisi (+39.73%), dimana sudah di atas target bulanan Cuantastic, yaitu dapat mengungguli kinerja Mr.Market (IHSG) dan Top 17 Fund Manager Reksadana Saham terbaik di Indonesia.

“Bagaimana posisi kinerja Cuantastic ini jika dibandingkan dengan level website/mentor berbayar?” Perbandingan kinerja Cuantastic dengan website/mentor berbayar misal TAPAK NAGA. Berikut kinerja TAPAK NAGA bulan Februari 2021 (+10.84%) Vs Kinerja Cuantastic (+39.73%). Berkat strategi exit TS ThanosCuantastic berhasil mengungguli kinerja TN bulan Februari lalu yang menggunakan TS DC (DRAGON CLAW), yang lebih longgar dari TS THANOS. Berikut link untuk mengetahui kinerja TAPAK NAGA secara bulanan maupun YTD Februari 2021, klik disini.

Kinerja Sistem TAPAK NAGA secara monthly dan YTD bln Februari 2021

Apa saja saham yang berkontribusi positif maupun negatif bagi portfolio Cuantastic?

Portfolio in Hand dan DONE TRADE Cuantastic per tanggal 26-FEB-2021

SUMMARY/KESIMPULAN :

  • Total transaksi buy di bulan Februari = 13x TMTN trading. Dari 13x trading 2x sudah done sell dan 11x masih hold),
  • Total done trade transaksi ada 9x, 8 trx diantaranya berakhir dengan profit, dan hanya 1x trx yang realisasi lose,
  • Total winning ratio dari 9 trx di bulan Februari, 88% win dan sisanya 12% lose,
  • Dana terpakai s/d 26-FEB-2021 = 23% x Equity, Sisa Cash = 77% x Equity.
  • System trading Trend Follower (TMTN) dikombinasikan dengan TS THANOS memberikan hasil yang optimal ketika market berbalik arah dengan beberapa emiten mengalami ARB (Auto Reject Bawah).

Untuk mengetahu tentang TMTN/Turtle trading system, silakan klik artikel di link blog saya.

Ingin belajar langsung dari TRADERCUANTASTIC, mari bergabung dalam webinar TURTLE & UNICORN, maupun Kelas Privat CUANTASTIC. Silakan melihat di link berikut ini.

Okey, sampai ketemu akhir bulan nanti, untuk update kinerja trading bulan Februari, sepertinya Cuantastic akan lumayan sering update blog lagi karena system TMTN (Trendfollower style) sudah mulai AKTIF lagi.

Salam CUANtastic!