[TRADING SAHAM] Kinerja My Equity April 2017 : 26.21% vs IHSG 7.35%

Hello Traders,

Setelah sekian lama vakum nge-blog, saya kembali start menulis. Kali ini masih tentang materi trading saham, yaitu tentang kinerja equity sepanjang bulan April 2017 dan YTD (Year to date) 2017.

Berikut kinerja ekuitas penulis per 28-April-2017 :

My Equity vs IHSG_April 2017

Dari tabel di atas, kinerja penulis di 3 bulan pertama 2017 secara konsisten bisa mengalahkan market (IHSG). Namun, di bulan April ini, kinerja penulis underperformed terhadap performa IHSG. Secara YTD (Year-to-date) kinerja penulis masih jauh di atas performa IHSG, yaitu penulis 26.21% vs IHSG 7.35%.

“Bagaimana posisi kinerja penulis ini jika dibandingkan dengan level MI (Manajer Investasi) atau website/mentor berbayar?”

Berikut data yang penulis dapatkan dari website Indopremier sekuritas untuk top 3 Reksadana saham dengan kinerja terbaik selama 4 bulan terakhir:

Performance Top 3 RD Saham & IHSG April 2017

Ternyata posisi kinerja ekuitas penulis YTD per 28-April-2017 (26.21%) masih lebih tinggi dengan MI (Manajer Investasi) sekelas Sucorinvest Maxi (20.01%) yang AUM-nya saja mencapai 131 Milyard Rupiah! Yeayyy…:-D

Kemudian untuk perbandingan kinerja penulis dengan website/mentor berbayar misal Galeri Saham (GS PRO) yang biasanya memungut fee langganan bulanan/tahunan untuk membernya, berikut perbandingan kinerja penulis (26.21%) vs GS PRO (17.09%). Berikut link datanya, klik disini. Yeahhh….:-D

Berikut snapshot dari website GS (Galeri Saham) untuk kinerja April 2017 :

GS Pro vs IHSG April 2017

Trus kalau ditanya, apa yang membuat kinerja penulis begitu ciamik 4 bulan terakhir? Mau tau apa mau tau banget…??? Hehehe….

Pertanyaan seharusnya bukan cuma apa, tapi bagaimana, HOW?!

Dan, jawabannya ada di MINDSET! Ya, mengubah MINDSET!

Setiap mentor/trainer saham pasti punya jurus/analisa/primbon/stockpick andalan, namun bisakah menghasilkan kinerja client yang profit konsisten dari bulan ke bulan, tahun ke tahun?

Untuk menghasilkan kinerja ekuitas yang konsisten profit, ternyata setelah dijalani itu SEDERHANA (bukan RM Padang loh ya….). Untuk level penulis yang masih masuk kategori newbie ini, implementasi SEDERHANA ini diwujudkan dalam 3 point singkat :

  1. Perubahan MINDSET
  2. Disiplin MONEY MANAGEMENT
  3. Konsisten PROFIT

Dan berikut hasil yang diperoleh setelah “sang kepompong newbie” berubah menjadi “fearless trader”. WOW….LUAR BIASA bukan!

My Equity vs IHSG YTD April 2017

Kalau di “lapak sebelah” pamer porto, boleh donk di lapak saya juga kasih clue dikit top 15 porto 😀

Top 15 Porto_28 April 2017

Ada peribahasa berbunyi, “Di atas langit masih ada langit”. Ini untuk memotivasi penulis agar selalu mau belajar dan meningkatkan performa equitynya. Karena ternyata, di atas penulis masih banyak yang lebih master2 lagi….salah satu contohnya beliau2 yang tergabung dalam satu padepokan bersama penulis ini. Berikut snapshotnya :

Kinerja TC Serie A_YTD April 2017

Ini yang membuat penulis harus senantiasa memperlakukan TRADING sebagai BISNIS. Karena dengan begitu, penulis diingatkan bahwa dana yang dikelola ini bukan sekedar “mainan” atau untuk “fun” saja, melainkan harus “profit konsisten”. Karena bukan tidak mungkin, penulis degradasi ke “Serie B”, dalam kompetisi Liga TC (Trading Class) yang super ketat ini :

Kinerja TC Serie B_YTD April 2017

Special thanks untuk mentor penulis, Bapak Hadi Jie, dari IPOT Balikpapan yang memberi kail dan bukan umpan, memberi sistem dan bukan stockpick. 

Okey, sampai ketemu awal juni, untuk pertanggungjawaban kinerja trading selama bulan Mei ini.

Salam Profit Konsisten!

3 thoughts on “[TRADING SAHAM] Kinerja My Equity April 2017 : 26.21% vs IHSG 7.35%”

Leave a Reply